Resep kue bolu kukus mekar yang sederhana

mekar atau mengembang - adalah salah satu kreasi kue bolu yang dimatangkan dengan cara dikukus dalam cetakan kecil. tekstur yang lembut beserta aroma yang wangi pada kue ini membuat kreasi kue bolu yang satu ini diminati banyak orang. dan karena memiliki tekstur lembut sehingga bolu kukus sangat raham ketika lidah menikmatinya. jadi siapapun baik tua maupun muda, lidahnya cocok untuk menikmati kue kukus yang satu ini

Saat bunda ingin menikmati atau menyuguhkan bolu kukus buatan sendiri, tidak jarang kue bolu yang bunda buat tidak memiliki tekstur yang lebut karena saat proses pengukusan adonan tidak mekar alias petot. jadi yang perlu bunda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, bunda harus terus belajar dan mencoba.

Jika bunda atau sipa saja memahami dengan baik resep bolu kukus, tentu kecil kemungkinannya bolu yang bunda buat tidak mau mekar. jadi panduan dan cara membuat bolu kukus yang saya urai dibawah ini silahkan dibaca sampai peham. jika sudah benar benar mengerti, silahkan diperaktekan di rumah masing masing.
resep bolu kukus mekar

Resep kue bolu kukus

Bahan
  1. telur dua butir
  2. gula putih 226 gram
  3. terigu 251 gram
  4. ovalet 1 sendok teh
  5. peewarna makanan 2 jenis
  6. soda 150 mili liter
Cara pembuatan
  1. kocok telur menggunakan mixer otomatis. beberapa saat kemudian, masukan gula. tunggu sampai 30 menit. sesaat pengocokan hampir selesai, tambahkan ovalet.
  2. saat proses pengocokan yang otomatis di kerjakan oleh mixer, bunda bisa meluangkan waktu untuk mempersiapkan cetakan. yaitu memasukan kertas bolu kedalam cetakan yang berlubang
  3. jika pengocokan mencapai waktu yang telah ditentukan, silahkan bunda masukan soda. lalu kocok lagi, kira kira 3 menit. 
  4. ayak tepung terigu, supaya lebih bersih dan mudah diaduk. lalu masukan kedalam kocokan diatas. aduk dengan spatula sampai menyatu dengan semua bahan
  5. pisah adonan menjadi tiga bagian, berikan warna yang berbeda beda pada setiap bagian tersebut. untuk adonan warna putih tidak perlu pake pewarna. pewarna yang dibutuhkan, masing masing 1 tetes.
  6. Lalu masukan adonan kedalam cetakan yang sudah disiapkan. cara memasukan adonan, yaitu diselang seling supaya nanti wana bolu seperti pelangi.
  7. pada saat bunda memasukan adonan dalam cetakan, sebaiknya ketika itu sudah mulai menyalakan kompor. agar saat bunda selesai mengisi cetakan, tempat mengukus sudah benar benar panas dan beruap.
  8. Jadi langsung saja dikukus, sedangkan waktu yang bunda butuhkan untuk metangkan bolu, adalah 15 menit.
Tips agar bolu kukus mekar
  1. kita semu tau fungsi soda yaitu membuat adonan mampu mekar dengan baik saat dikukus. jadi gunakanlah soda yang masih sempurna, artinya masih baru atau belum pernah dibuka
  2. kecepatan mixer saat mengocok adonan, tentu sangat berpengaruh terhadap adonan. jadi kalo ingin mekar maksimal, gunakan kecepatan yang paling tinggi
  3. Cetakan ayng bunda gunakan pun sangat berpengaruh. yang bagus adalah cetakan yang berlupang, karena cetakan tersebut memberi jalan agar adonan terkena uap yang lebih panas.
  4. Saat mengukus, biasanya menimbulkan uap yang akan menetes ke bolu. sehingga membuat bolu kukus tidak mekar maksimal. makadari lapisi pengukus dengan kain bersih untuk menyerap uap.
  5. Sedangkan temperatus atau panas kukusan juga berpengaruh, semakin banyak uap atau semakin panas, ini lebih bagus
  6. Jika lama pengukusan belum mencapai waktu yang ditentukan, jagnan pernah membuka tutup pengukus

Resep kue bolu kukus diatas mudah mudahan gampang dipelajari dan diperaktekan. harapan saya, postingan ini mampu membantu kalian untuk membuat bolu kukus empuk dengan rasa yang memanjakan penikmat. terimakasi atas kunjungannya.

0 Response to "Resep kue bolu kukus mekar yang sederhana"

Posting Komentar