Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan


Banyak para ibu ibu rumah tangga yang kesal dan kadang malas untuk membuat menu makanan dari ikan, bukan karena alasan tidak suka atau tidak enak, namun karena saat menggoreng ikan kadang ikan akan meletupkan minyak dan sering kali juga ikan menempel atau lengket di penggorengan….

Perlu Bunda ketahui ikan memiliki vitamin dan mineral yang sangat banyak dan itu semua sangat dibutuhkan oleh tubuh, jadi jangan sampai bunda tidak menyiapkan olaahan menu ikan goreng sebagai lauk makan keluarga hanya karena ikan meletupkan minyak saat digoreng ….

Baca ini juga 9 Tips Mneghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Memang sangat menyebalkan saat menggoreng ikan dan letupan minyak kan tersebut mengenai tangan, dan pasti rasanya akan sakit dan perih hingga sering kali membuat bunda malas menggoreng ikan..

Ada beberapa factor yang sering membuat meletup dan lengket saat digoreng diantaranya:

-    Minyak yang terlalu sedikit dan terlalu banyak
-    Kadar air yang ada pada ikan
-    Suhu minyak yang terlalu panas

Itu merupakan sedikit factor yang membuat ikan sering meletup saat digoreng, jadi perhatikan factor diatas agar tidak terjadi letupan dan lengket…

Nah untuk itu sekarang admin ingin berbagi informasi dan tips mengenai bagaimana tips menggoreng ikan agar tidak meletupkan minyak…

Berikut dibawah ini beberapa tips agar saat menggoreng ikan tidak meletupkan minyak, ikuti tips ini agar tidak terjadi letupan saat menggoreng…

1.    Melapisi Ikan Dengan Tepung

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan


Perlu bunda ketahui tepung sangat ampuh untuk mmbuat ikan tidak meletupkan minyak, kenapa bisa begitu karena dengan menaburinya dengan tepung maka dengan sendirinya kadar air pada kulit ikan akan terserap oleh tepung tersebut sehingga saat digoreng otomatis ikan tidak akan meletupkan minyak, dan dengan dilapisi tepung ikan juga akan terasa lebih renyah dan gurih, namun saat melapisi ikan usahakan jangan terlalu tebal cukup ditaburi hingga merata saja selain itu bunda juga bisa menaburkan tepung kedalam minyak goreng sebelum memasukan ikan.

2.    Menggunakan Irisan Jeruk Nipis

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan


Selain sebagai penghilang bau amis pada ikan jeruk nipis juga memiliki fungsi yang lain yaitu dapat menetralisir minyak goreng saat menggoreng ikan agar tidak meletupkan minyak. Caranya cukup mudah yaitu masukan irisan jeruk nipis kedalam minyak goring, dan tunggu hingga jeruk layu, setelah jeruk layu sekarang minyak siap digunakan untuk menggoreng ikan tanpa ada rasa takut ikan akan meletupkan minyak..

3.    Dengan Garam Dapur  

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan


Sebagai pemberi rasa asin dalam masakan garam juga berfungsi untuk membuat minyak tidak meletup saat digoreng. Caranya dengan menaburkan garam kedalam minyak goring ddan tunggu hingga minyak panas kemudian masukin ikan tanpa ada rasa takut minyak akan meletup.

4.    Dengan Jahe

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan


Jahe juga sangat dianjurkan untuk digunakan untuk membuat minyak goring tidak meletup saat menggoreng ikan. Caranya mirip dengan a nomor 2  iris tipis tipis jahe yang sudah dikupas kulitnya kemudian masukan kedalam minyak goreng tunggu hingga minyak padan kemudian masukan ikan dan dijamin tidak akan meletupkan minyak saat menggoreng ikan.

Nah itu merupakan beberapa tips agar ikan tidak meletupkan minyak saat digoreng…

Sekarang kita beralih kecara bagaimana agar menggoreng ikan tidak melekat diwajan atau penggorengan…
Ikuti tips dibawah ini

1.    Panaskan Wajan Sebelum Memasukan Minyak

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan bunda saat menggoreng ikan sehingga hasilnya ikan menempel atau melekat di wajan atau penggorengan salah satunya ialah memasukan minyak kedalam wajan sebelum wajan panas, ini sering menjadikan ikan menempel jadi tunggu sampai wajan benar benar panas sebelum memasukan minyak goring.

2.    Pastikan Menggoreng Ikan Dengan Minyak Yang Banyak

Saat menggoreng ikan jika menginginkan hasil yang renyah dan gurih gunakanlah minyak yang agak banyak selain membuat rasa lebih enak menggoreng ikan dengan minyak yang banyak juga berfungsi untuk membuat ikan tidak menempel atau melekat di wajan.

3.    Jangan Membolak Balik Ikan Sebelum

Nah ini merupakan tips ketiga, maksud dari jangan membolak balik ikan ialah, jangan membolak balik ikan sebelum ikan benar benar telah mengambang dengan sendirinya, karena sebelum ikan mengambang ikan sudah menempel diwajan jadi usahakan membalik ikan saat sudah mengambang dengan sendirinya agar tidak menempel di wajan.

4.    Celupkan Ke Kocokan Telur 

Tips terakhir ini dikususkan untuk ikan yang berduri lunak atau ikan dengan ukuran kecil agar mendapatkan hasil yang cantik bagus dan terlihat lezat namun juga mendapatkan hasil ikan tidak menempel  di wajan atau penggorengan, namun perlu diperhatikansaat mencelup ikan usahakan merata.

Sekarang bunda tidak perlu hawatir dan takut lagi untuk menggoreng ikan dan membuat menu special ikan goring untuk keluarga dirumah…

Cukup dengan mengikuti tips diatas dijamin bunda tidak akan kecewa…..

Untuk resep masakan Bunda bisa baca Disini


Nah sekian dulu tips bagaimana membuat ikan tidak meletup dan melekat dipenggorengan saat di goring
Untuk pertanyaan untuk yang belum dipahami bisa bertanya lewat komentar terimakasih….   

0 Response to "Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletupkan Minyak Dan Tidak Lengket Di Wajan"

Posting Komentar