9 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dengan Mudah Dan Cepat



tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat


Ikan merupakan hewan air yang sering menjadi santapan masyarakat sehari hari, namun dalam mengolah ikan dengan benar tentunya akan menjadi masakan yang sangat lezat.

Ikan yang masih segar atau yang baru dipanen atau ditangkap cenderung tidak berbau amis namun setelah beberapa lama lambat alun akan berbau amis. 

Bau amis pada ikan memang sangat mengganggu apalagi bagi orang yang tidak suka dengan bau yang kurang sedap…..

Namun dibalik kelezatan masakan ikan ada hal yang mengganggu dan sangat tidak disukai oleh para penikamat kuliner ikan ini yaitu BAU AMIS.

Bau amis pada ikan bisa dihilangkan dengan banyak cara dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan.
Nah kali ini saya berkesempatan untuk membagikan tips menghilangkan bau amis pada ikan yang saya tau dan mungkin akan bermanfaat bagi ibu ibu yang suka memasak ikan.

Simak baik baik dari awal hingga akhir artikel ini…

Tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah:

1. Menggunakan jeruk nipis/lemon dan garam
tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan lemon

Jeruk nipis sudah tidak diragukan lagi kasiat dan manfaat yang bisa kita ambil dari jeruk nipis nah kali ini kita akan menggunakannya untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ikan. Untuk ikan yang masih utuh bersihkan dulu sisik dan insangnya, setelah itu cuci ikan pada air yang mengalir, kemudian olesi ikan dengan garam perasan air jeruk nipis atau lemon secara merata dan keseluruh tubuh ikan, diamkan selama 10-20 menit, setelah itu cuci dengan air agar garam dan perasan air jeruk nipis/lemon menghilang
Garam dan air perasan jeruk nipis/lemon dapat menetralisir bau amis pada ikan.

2. Menggunakan air cuka
tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan air cuka

Cara yang kedua ini kita akan menggunakan air cuka. Air cuka ini dapat menghilangkan bau amis dengan cepat dan mudah. Caranya bersihkan ikan pada air yang mengalir kemudian rendam dengan air cuka, tunggu 10-20 menit, setelah itu bersihkan dengan air, ikan siap untuk diolah. Namun perhatikan dalam menggunakan air cuka, karena air cuka bersifat asam jadi gunakanlah dosis atau takaran sebanyak 2 sendok teh untuk 1 kilogram ikan. 

3. Menggunakan susu segar

tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan susu segar

Susu segar memang merupakan minuman kesukaan namun perlu Anda ketahui ternyata susu segar juga memiliki manfaat dan fungsi selain menjadi minuman yaitu dapat menghilangkan bau amis pada ikan gimana caranya, simak baik baik. Pertama bersihkan ikan termasuk insangnya karena insang lah yang membuat ikan berbau amis, kemudian rendam ikan dengan susu segar, tunggu 10-15 menit kemudian bersihkan ikan sebelum diolah.

4. Menggunakan tepung terigu

tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan tepung terigu

Selain sebagai bahan dalam pembuatan kue tepung terigu juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menghilangkan bau masi pada ikan. Caranya bersihkan ikan dengan air bersih kemudian baluri ikan secara menyeluruh kemudian diamkan 10-15 menit, setelah itu bersihkan ikan. Tepung terigu dapat menetralisir bau amis pada ikan. Jika Anda lakukan 2-3 kali maka saya jamin bau amis pada ikan akan menghilang dan ikanpun siap untuk diolah.

5. Menggunakan larutan Asam jawa 
tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan larutan asam jawa

Ternyata larutan asam jawa juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Ini caranya bersihkan sisik dan insang ikan, larutkan asam jawa dengan seperempat air bersih, kemudian rendam ikan selama 10-15 menit, setelah itu bersihkan dengan air bersih tara ikanpun siap untuk diolah.

6. Menggunakan parutan jahe
tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan parutan jahe

Selain jeruk dan lemon jahe juga memiliki amnfaat dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Bagaimana caranya pertama parut jahe hingga halus setelah itu, bersihkan ikan kemudian lumuri atau baluri dengan parutan jahe tersebut, tunggu 10-15 menit setelah itu bersihkan ikan dan olah ikan sesuai dengan keinginan.

7. Menggunakan Gula pasir

tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan gula pasir

Selalin sebagai pemanis masakan dan minuman ternyata gula pasir juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan ini caranya bersihkan ikan terutama bagian insang, taburkan gula pasir ditubuh ikan hingga merata, tunggu 10 menit dan bersihkan ikan sebelum diolah.

8. Menggunakan sabun anti bakteri

tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan sabun anti bakteri

Menghilangkan bau amis dengan menggunakan sabun anti bakteri merupakan cara yang tepat selain menghilangkan bau amis juga dapat membunuh bakteri pada ikan yang dapat mempercepat pembusukan ikan, ini caranya bersihkan ikan dengan menggunkan sabun anti bakteri cuci hingga bau sabun menghilang agar tidak menyisakan sabun yang melekat pada ikan.

9. Menggunakan buah apel

tips menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah dan cepat dengan buah apel

Ternyata tak banyak orang yang mengetahui kalau buah ape memiliki manfaat menghilangkan bau amis pada ikan. Ini caranya pertama iris buah apel setipis mungkin kemudian, rendam kedalam minyak atau air yang akan digunakan memasak ikan, biarkan hingga buah apel layu, angkat buah apel kemudian masak ikan menggunakan air atau minyak rendaman buah apel tadi, dan pasti bau amis pada ikan akan menghilang saat dimasak.

Nah demikian sedikit ulasan informasi yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi ilmu baru buat Anda…..

Jika informasi ini bermanfaat silahkan dibagikan, dan apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah trimakasih telah berkunjung…….

Bagi sobat yang ingin mendapatkan informasi artikel terbaru seputar memasak dari kami silahkan berlangganan article melalui email sobat……..

                   

0 Response to "9 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dengan Mudah Dan Cepat"

Posting Komentar